Labels

Sunday 29 November 2015

Kebahagiaan = Kekayaan/kemewahan dunia???

"Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu” (QS. Al Hadid: 20)
"Yang namanya kaya (ghina’) bukanlah dengan banyaknya harta (atau banyaknya kemewahan dunia). Namun yang namanya ghina’ adalah hati yang selalu merasa cukup.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Kebahagiaan adalah bahagia jika melaksanakan perintah Allah dan merasa sedih jika melakukan kemaksiatan. AllahTa’ala berfirman,
“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik.” (QS. An Nahl: 97)
Karena amalan saleh/ kebaikan memberi ketenangan hati
Kebaikan itu adalah yang jiwa merasa tenang dan hati merasa tentram kepadanya. Sementara dosa adalah yang jiwa merasa tidak tenang dan hati merasa tidak tentram kepadanya, walaupun orang-orang mememberimu fatwa (mejadikan untukmu keringanan).” (HR Ahmad no. 17894, dishahihkan al Albani dalam Shahîh al Jâmi no: 2881)
Lalu bagaimana cara untuk mendapatkanya? Jawabannya adalah ilmu, doa dan bersungguh-sungguh. AllahTa’ala berfirman,
“Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami” (QS. Al-Ankabut: 69)
Ciri-ciri seseorang yang kehilangan kebahagiaan yang hakiki:
1. Pemarah
2. Pendendam
3. Hasad & Dengki
4. Kikir & Pelit
5. Rakus terhadap dunia
6. Tidak sabar
7. Egois
8. Riya
9. Cinta dunia
Tetap semangat perbaiki diri, tambah ilmu, amalkan ilmu, terus berdoa meminta kepadaNya bersabarlah atas itu semua..
Semoga kita bisa mendapatkan kebahagiaan yang sebenarnya..

-Al Fityah Bdg-

No comments:

Post a Comment

koment dengan kata kata yang baik