Labels

Sunday 29 November 2015

Ketika Allah Menyeleksi Orang Beriman

Ingatlah ketika Bani Israil berkata kepada Nabinya, "Wahai Nabi, Ayo kita berjihad dan pilihlah pemimpin untuk kami.."
Maka dimulailah fase2 Tamhish/Seleksi..
✏ Ketika Allah mulai mewajibkan Jihad, sebagian dari mereka berpaling karena beratnya Jihad.. Dalam ujian pertama berguguranlah sebagian mereka.
✏ Kemudian Allah pun mengangkat pemimpin bagi mereka yg bernama Thalut, namun mereka menolak karena pemimpinnya bukan yg mereka harapkan.. Dalam ujian kedua ini berguguran lagi sebagian dari mereka.
✏ Kemudian berangkatlah Thalut beserta pasukannya ke medan tempur, perjalanan panjang di gurun pasir.. Tiba2 Thalut berkata, "di depan nanti kita akan melewati sungai, maka kalian tidak boleh meminum airnya kecuali hanya seteguk saja", apa yg terjadi ketika pasukan sdh tiba di sungai tersebut? Sebagian besar meminum banyak airnya dan memilih keluar dari barisan mujahidin.. Ujian ketiga datang lebih berat, dan berguguranlah sebagian mereka.
✏ Kemudian ketika pasukan yg bersama Thalut tinggal sedikit, tibalah mereka berhadapan dengan pasukan Jalut yg sangat banyak.. ini adalah ujian terakhir bagi pasukan Thalut. Maka berkatalah org2 yg sedari tadi banyak alasan yaitu mereka yg minum air, "wahai Thalut, mari kita kembali ke negeri kita, kita tidak akan mampu melawan pasukan Jalut"..
Dan Allah pun meneguhkan hati orang beriman yg masih teguh dg sebuah kemenangan, dan terbunuhlah Jalut oleh Daud as. Kemenangan bagi mereka yg Istoqamah di Jalan-Nya.
✏ Saudaraku, Allah selalu menyeleksi hamba-Nya agar diketahui siapa yg sabar, istiqamah dan siapa yg tidak sabar dan menyerah..
Perhatikanlah Kisah Thalut dan Pasukannya.. Setiap kali Allah berikan ujian, maka syetan tidak akan tinggal diam untuk melemahkan orang2 beriman dengan berbagai alasan.. dan ketahuilah, sekali saja kita menyerah oleh bujukan syetan, maka kita akan selalu banyak alasan untuk selamnya..
وَلِيَبْتَلِيَ اللَّهُ مَا فِي صُدُورِكُمْ وَلِيُمَحِّصَ مَا فِي قُلُوبِكُمْ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُور
Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati. (QS. 3:154)
📍Saudaraku.. Kita sedang berjuang mempelajari Sunnah Rasulullah saw yg merupakan salah satu wahyu Allah. Ketahuilah, untuk sampai di puncak amal ini, Allah sudah Menyiapkan berbagai seleksi untuk kita.. dan ingatlah, syetan pun sdh menyiapkan berbagai perangkap dan alasan agar kita menyerah dan gagal sampai puncak..
Mari kita kuatkan langkah kita.. hal yg biasa jika diantara kita ada yg lebih kuat berjalan menuju puncak, dan ada pula yg tertatih2 tertinggal kelelahan, namun kondisi tersebut jangan dijadikan alasan, karena syetan selalu datang dg berbagai alasan.. yg lebih kuat mari raih tangan saudaranya yg kelelahan dan bantu untuk naik trus smp puncak.. tidak penting apakah kita sampai terakhir ataukah kita sampai duluan.. yang penting, kita semua mampu bertahan smp puncak dan bersama2 dapat menikmati indahnya alam di puncak sana.
Keep Hamasah..😊
Hervi Firdaus
Ribath-Al Fityah

Sumber : disini

No comments:

Post a Comment

koment dengan kata kata yang baik